Selasa, 17 Juli 2012

Marhaban Ya Ramadhan 1433 H


Marhaban Ya Ramadhan 1433 H
Posting by : Akhmad Kuspriyanto
PUASA Ramadhan sebentar lagi akan datang. Sebagai orang yang beriman kita diperintahkan oleh Allah SWT untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini , agar kita menjadi orang yang bertaqwa. Orang yang bagus amal ibadahnya dan bagus pula amal sosialnya.
Oleh karenanya , pantas kehadiranya disambut dan dipersiapkan dengan penuh suka cita. Maka berbagai event pun digelar untuk menyambut kedatangannya , dari ujung pelosok hingga tidak pelosok ‘rame-rame’ melakukan penyambutan. Mulai dari budaya “padusan” (maksudnya mandi besar, membersihkan badan agar bersih dan suci), membersihkan perlengkapan sholat seperti ; ‘rukuh’ , sarung atau sajadah, sampai penyambutan kolosal ‘pawai ta’aruf songsong romadhon’ dan sejenisnya yang melibatkan kolaborasi berbagai elemen masyarakat dan budaya.
Memang, cara orang menyambut sang Ramadhan bermacam-macam. Tetapi, sebenarnya penyambutan itu sudah dimulai awal bulan Syawal, ketika berakhirnya bulan Ramadhan tahun yang lalu. Semangat beribadah yang sebaiknya tetap menggelora setelah bulan Ramadhan berakhir ; dari hari ke hari , bulan ke bulan , seperti halnya menjalani ibadah di bulan Ramadhan. Kebiasaan beribadah seperti shalat berjamaah lima waktu, membaca Qur’an, bersedekah, membantu para duafa, dan amal sholeh yang lain. Akan sangat indah, dan sangat bermanfaat bisa dijalankan sepanjang hari, sepanjang bulan, bukan hanya di bulan Ramadhan bahkan sepanjang kita masih bernafas.
Terlebih lagi ketika, memasuki bulan yang dimuliakan Allah, bulan yang penuh barokah, rahmat dan maghfirah, dimana amalan-amalan shalih pada bulan Ramadhan dilipatgandakan pahalanya, dosa dan kesalahan akan terampuni bagi siapa saja yang melakoninya dengan iman dan ikhlas semata-mata mengharap ridha dari Allah ‘Azza wa Jalla.
Dahulu Rasulullah SAW, ketika datang bulan Ramadhan beliau memberikan kabar gembira kepada para sahabatnya,”Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh barokah. Allah menurunkan padanya rahmah, menghapus kesalahan-kesalahan , mengabulkan do’a , dan Allah membanggakan kalian di hadapan para Malaikat-Nya, maka perlihatkanlah kepada Allah kebaikan diri-diri kalian, sesungguhnya orang-orang yang celaka adalah orang yang diharamkan padanya rahmat Allah “ (Ath-Thabrani)
Marhaban ya Ramadhan, selamat datang Ramadhan, Ya syahrus syiam
Mari kita menyambut dengan suka- cita
Seperti kegembiraan kita menyambut kedatangan tamu agung ,
Menyambut kehadiran seseorang yang kita nanti-nantikan.
Hendaklah jangan dipersoalkan datangnya sang Tamu Agung besok hari Jum’at atau hari sabtu , atau kapan . Mari kita ikuti para ‘alim yang ahli di bidangnya.
Jalani dengan penuh keyakinan, iman dan ikhlas.
Sekali lagi Marhaban ya Ramadhan, selamat datang Ramadhan
Wallahu a’lam bi shawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar