Selasa, 07 Desember 2010

Selamat Tahun Baru 1432 H

Tak Ada Yang Terlepas Dari Pengawasan-Nya
Posting by : A.Kuspriyanto


TIADA terasa waktu ini berlalu. Saat ini Kita berada di penghujung tahun 1431 H, sebentar lagi kita jelang detik-detik memasuki tahun baru 1432 H. Ini artinya sesaat lagi umur kita bertambah satu tahun dan kita tak akan mungkin bertemu lagi dengan tahun yang sama dan waktu yang sama. Persoalannya sebenarnya apa yang telah kita perbuat terhadap waktu tersebut.

Peristiwa demi peristiwa pun kita jalani, suka dan duka. Amal yang baik pernah kita kerjakan, demikian pula amal yang kurang baik pun pernah kita lakukan. Ibarat sinetron, ada kalanya kita mendapatkan peran yang baik; pada kesempatan yang lain , kita juga pernah kebagian peran yang antagonis. Begitulah Kita akan tetap bermain di panggung sandiwara kehidupan ini, sampai saatnya sudah tak diberikan peran lagi oleh Sang Sutradara. Akan tetapi apapun peran kita, tidak ada satu pun yang akan terlepas dari Pengawasan-Nya.

Dalam salah satu lirik lagunya Opick mengungkapkan perjalanan waktu yang telah berlalu yang tak mungkin lepas dari pengawasan-Nya “Yang Maha Melihat”:

Seiring waktu berlalu
Tangis tawa di nafasku
Hitam putih di hidupku
Jalan ditakdirku

Tiada satu tersembunyi
Tiada satu yang terlupa
Segala apa yang terjadi
Engkaulah saksinya

Kau yang Maha Mendengar
Kau Yang Maha Melihat
Kau Yang Maha Pemaaf
PadaMu hati bertobat

Kau yang Maha Pengasih
Kau Yang Maha Penyayang
Kau Yang Maha Pelindung
PadaMu semua bergantung

Yang dicintai kan pergi
Yang didamba kan hilang
Hidup kan terus berjalan
Meski penuh dengan tangisan

Andai bisa ku mengulang
waktu hilang dan terbuang
Andai bisa ku kembali
hapus semua pedih

Andai mungkin aku bisa
kembali ulang segalanya
Tapi hidup takkan bisa
Meski dengan air mata…

Maka, selama masih diberikan kesempatan untuk mengambil peran dalam hidup ini, masih terbuka lebar kesempatan untuk meraih apa saja yang menjadi cita-cita kita. Tapi, sayangnya kita hanya berkuajiban menyempurnakan ikhtiar, sedangkan Allah adalah Sang Penentu peran apa yang Dia kehendaki terhadap hamba-Nya.

Maka kita diperintahkan untuk senantiasa memperbanyak do’a, dalam setiap saat dan kesempatan. Mudah-mudahan Allah melimpahkan taufiq, hidayah dan inayah-Nya. Dalam surat Al Ashr (1-3) Allah SWT berfirman:“ Demi masa, Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.”

Surat Al Ashr tadi secara keseluruhan berpesan agar seseorang tidak hanya mengandalkan iman saja, melainkan juga amal salehnya. Bahkan amal saleh dengan iman pun belum cukup, karena masih membutuhkan ilmu. Demikian pula amal saleh dan ilmu saja belumlah memadai, kalau tidak ada iman. Oleh karenanya, hendaknya kita tingkatkan ketiganya. Disamping itu, kita agar tabah dan sabar dalam menjalani hidup ini.

Wallahu a’lam bi shawab

Saya Mengucapkan:
Selamat Tahun Baru 1432 H,
Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan Taufiq dan Hidayah-Nya, diberikan tetap iman dan Islam, diberikan rizki yang halal dan berkah, diberikan umur panjang untuk taat beribadah, serta diberikan akhir kehidupan dengan husnul khotimah.


Magelang, 1 Muharram 1432 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar