Rabu, 07 Juli 2010

Do'a Terhindar Dari Stroke

Amalan Do’a Agar Terhindar Dari Bala’ (Stroke,dll)

STROKE, begitulah sering kita dengar dan mungkin tidak terlalu asing di telinga kita, nama sebuah penyakit yang cukup populair di Era kini. Memang dimaklumi, lajunya pembangunan pada umumnya, telah mengubah pola struktur masyarakat, dari masyarakat agraris menjadi masyarakat industri. Perubahan tersebut tentunya membawa dampak pada pergeseran gaya hidup ala “desa” ke gaya hidup masyarakat perkotaan, termasuk kepada pola makan yang tadinya alami (makan tempe dengan sayur (kuluban), dsb), menjadi gemar makan makanan yang cepat saji (serba cepat - serba praktis, serba goreng). Yang menarik efek lain dari perubahan pola hidup itu, penyakit pun bergeser dari penyakit infeksi ke penyakit degeneratif, yakni penyakit cardiovascular dan stroke.

Di Indonesia, diperkirakan setiap tahun terdapat 500.000 orang yang terkena penyakit stroke, dan sekitar 25 persen-nya meninggal dunia, sedang sisanya mengalami cacat ringan atau berat. Sehingga saat ini stroke menempati urutan ketiga sebagai penyakit mematikan setelah jantung dan kanker, bahkan di Indonesia stroke menempati peringkat pertama sebagai penyebab kematian di Rumah Sakit.

Konon, Stroke adalah penyakit otak yang paling destruktif dengan konsekuensi berat. Stroke tidak hanya akan menimbulkan kecacatan yang dapat membebani seumur hidup tapi juga ancaman kematian bagi penderita. Salah satu penyebab stroke adalah kolesterol yang meningkatkan risiko penyumbatan pembuluh darah akibat bekuan darah. Kerusakan pembuluh darah di Otak bisa disebabkan karena tersumbat atau karena pecahnya pembuluh darah tersebut.

Oleh karena itu, berbagai usaha untuk sehat kiranya penting untuk dilakukan secara istiqomah. Gaya hidup sehat yang antara lain: berhenti merokok, makan secukupnya dengan memenuhi kebutuhan gizi seimbang, kurangi makanan berlemak tinggi, menjaga berat badan jangan sampai kelebihan berat badan, berhenti minum alcohol dan hidup sederhana, banyak bersyukur, yang tidak kalah penting olah raga teratur 3x seminggu (30-45 menit).

Berikut ini juga ada alternatif lain, yakni amalan do’a , sebagai upaya agar Allah SWT memberikan kesehatan dihindarkan dari penyakit tersebut. Rasulullah Saw bersabda :”Setiap penyakit pasti ada obatnya, jika tepat obatnya maka penyakit akan sembuh” (HR. Muslim). Dalam hadist lain disebutkan “Allah tidak akan menurunkan suatu penyakit melainkan Allah juga menurunkan obatnya” (HR Abu Hurairah).

Inilah do’a yang dibaca :

Bismillaahilladzii laa yadlurru ma’asmihii syai-un fil ardhi walaa fissamaa-I wahuwassamii’ul ‘aliim—dengan menyebut Asma Allah, segala sesuatu (apapun) yang di langit atau bumi, tidak sanggup membuat bahaya (mengancam) Dia, Allah Mendengar dan Mengetahui.” (dibaca 3 kali)

Aban Usman dari ayahnya, Rasul Saw bersabda:
“Orang yang membaca do’a tersebut di atas, sebanyak 3x , di pagi hari pasti tidak akan tertimpa bala’ hingga sore harinya. Dan yang membacanya di sore hari, pasti dipelihara dari musibah (bala) hingga pagi harinya.
Diceritakan Al Faqih Abu Laits Samarqandi dalam Tanbihul Ghafilin, bahwa saat awal penyakit falij (separuh tubuhnya mati, akibat tekanan darah tinggi (istilah sekarang mungkin ‘stroke’), yang menimpa diri Aban, katanya :” Demi Allah saat itu, aku lupa tidak membaca do’a tersebut di atas.”


Demikianlah , hanya sebuah amalan do’a. Semoga Allah SWT memberikan kesehatan kepada kita, dan menolong kita untuk selalu dapat berdzikir dan bersyukur kepada-Nya.

Wallahu a’lam bi ash-shawab
(A.Kuspriyanto, dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar