Selasa, 24 Mei 2011

Tata Cara Makan dan Minum


Nasihat Untuk Temanku : Agar Sehat Dan Selamat Dari Segala Penyakit
Posting oleh : Mas Hamdan MR

SEHAT itu nikmat yang harus disyukuri. Betapa tidak? Mau makan-minum, apapun terasa nikmat. Mau jalan-jalan atau melakukan aktifitas apapun bisa. Akan tetapi bila badan ini sakit, jangankan untuk jalan-jalan, bangun dari tempat tidur saja kadang tidak mampu. Berbagai makanan enak yang disediakan gratis pun tidak terasa enak, bahkan sesuap pun makanan lezat tersebut tak mampu menyantapnya.

Temanku, berikut ini ada nasihat dari seorang ‘alim (Syekh M. Syakir) tentang Tata Cara Makan dan Minum agar badan sehat dan selamat dari segala penyakit, maka janganlah memasukkan makanan bertumpuk-tumpuk ke dalam perut kita
Janganlah kita makan kecuali kalau kita memang benar-benar lapar, dan apabila kita makan janganlah kita penuhi perut kita dengan makanan. Rasulullah Saw bersabda yang artinya:”Tidaklah manusia memenuhi lambung, yang lebih buruk dari bagian perutnya.” (HR Ahmad, Turmudzi dan Hakim)

Temanku, jika kita makan, basuhlah terlebih dahulu kedua tangan kita, sebutlah Asma Allah di depan makanan kita dan janganlah kita melahap makanan dengan rakus, tetapi kunyahlah suapan dengan baik, karena kunyahan yang baik akan membantu proses pencernaan dan makanlah dari makanan yang sesuai. Janganlah kita mengulurkan tangan kita di tempat hidangan kesana kemari , karena hal itu termasuk perbuatan yang tidak baik lagi dibenci.

Temanku, janganlah kita makan seperti makannya orang-orang rendahan dan hina. Misalnya, di pasar-pasar, di tengah jalan, atau dengan cara melucu, karena hal itu dapat mengurangi muru’ah (harga diri) dan menghinakan orang yang mulia.
Hindarilah sifat pelit dan sikap tidak baik; apabila kita kebetulan duduk, sedangkan disamping kita ada orang yang kita kenal atau tidak kenal, maka ajaklah makan bersamamu. Jika ada sisa makanan darimu, sedekahkanlah kepada orang yang membutuhkan dan janganlah kita meremehkan sesuatu yang kita sedekahkan, karena sedekah yang sedikit mempunyai tempat yang berarti dan sangat dibutuhkan orang-orang yang fakir. Janganlah kita menghinanya dan janganlah kita sertai sedekah kita dengan menyakiti orang yang kita beri sedekah. Allah Swt berfirman : "Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima) QS Al Baqarah 262


Dan agar kita bersungguh-sungguh menyembunyikan sedekah kita dari manusia, karena sedekah sirri (rahasia) dapat meredam kemarahan Allah Ta’ala.

Wahai Temanku, takutlah makan dan minum di wadah yang kotor, barangkali kita terkena penyakit untuk diri kita sendiri, karena disebabkan kekotoran wadah tersebut, sehingga tidak berguna lagi pengobatan ke dokter. Janganlah minum air, kecuali air bersih dari ,kotoran . Dan jika kita minum sebutlah Asma Allah sebelum kita minum. Janganlah kita minum air sekaligus, tetapi minumlah seteguk demi seteguk , sedikit-demi sedikit dan beristirahatlah sewaktu kita minum dan hendaklah tiga kali, setiap kalinya dipisah dengan menyebut Asma Allah Ta’ala.


Jika kita telah selesai makan dan minum, maka panjatkanlah pujian kepada Allah Swt (dengan bacaan hamdallah “Alhamdulillah”) yang telah memberimu makan dan minum dan bersyukurlah kepada-Nya atas nikmat-nikmat-Nya yang tidak terhitung. Allah yang mengatur , memberi hidayah dan petunjuk kepadamu.
Demikian semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam bi shawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar