Selasa, 08 Juni 2010

Pentingnya Ilmu (1)

Mencari Ilmu Sepanjang Hayat

Bismillahiirohmaanirrohim, Alhamdulillahi robbil ‘aalamin wa bihi nasta’inu ‘ala umuriddunya wadin , Washolatu wassalamu ala asyrafil mursalin, sayyidina Muhammadin wa ala alihi wa shahbihi ajmain amma bakdu.

KALAU kita mau membangun sebuah gedung, sudah pasti kita membutuhkan orang yang ahli di bidang bangunan, agar gedung yang kita bangun berdiri dengan kokoh dan awet. Demikian juga kalau kita mau beribadah agar diridhai Allah SWt , haruslah mengetahui ilmu agama. Pendek kata semua hal diperlukan ilmu masing-masing sesuai kebutuhannya.
Maka sungguh tepat, Sabda Rasulullah SAW: “Man arooda dunya, fa’ alaihi bil ilmi, wa man aroodal akhirota fa’alaihi bil ilmi, wa man arooda huma fa ‘alaihi bil ilmi. Barangsiapa yang menghendaki keutamaan di dunia diperoleh dengan ilmu, barangsiapa yang menghendaki keutamaan di akhirat diperoleh dengan ilmu, dan barangsiapa yang menghendaki kedua-duanya juga dengan ilmu."
Dalam salah satu Hadist, Rasulullah SAW pernah bersabda:
Anas r.a. berkata: Rasulullah saw bersabda: “Tuntutlah ilmu walau di negeri cina, sebab menuntut ilmu agama itu wajib atas tiap orang muslim. Sesungguhnya Malaikat menghamparkan sayapnya pada orang yang menuntut ilmu karena ridho dengan apa yang dituntut (dicari)”. (HR. Abdul Barr).

Menuntut ilmu itu bukan saja merupakan kebutuhan kita pada saat ini saja, melainkan kebutuhan sepanjang waktu, bahkan Rasulullah SAW mengingatkan:”Tholabul ‘ilma minal mahdi ilal lahdi- menuntut ilmu itu semenjak dari ayunan hingga liang lahat”. Sejalan apa yang disampaikan Rasulullah SAW, Seorang Fisiolog Rusia, pemenang hadiah nobel 1904 mengatakan “Science demands from a man all his life’ artinya ilmu pengetahuan menuntut dari seseorang seluruh hidupnya.

Ada sebuah syair lagunya Raihan, yang berjudul Bacalah : yang mengingatkan tentang ilmu
Bacalah dengan nama Tuhanmu,
Itulah permulaan ilmu
Sebagai yang telah diwahyukan
Menuntut ilmu satu kewajipan
Ilmu menjadi penyuluh jalan
Dengan ilmu dapat kemuliaan
Ilmu memajukan kehidupan
Ilmu yang baik dapat keberkatan
Sabda Rasul junjungan
Carilah ilmu pengetahuan
Dari dalam buaianHingga hari kematian
Tuntutlah ilmu hai teman
Janganlah kita siakan
Untuk masa hadapanAgama dan bangsa
Utlubul 'ilmaWalaw bissin
Tuntutlah ilmuWalau ke negeri China
Jangan berilmu tanpa amalan
Bagai pohon tanpa buahnya
Ilmu yang berkat membuatkan taqwa
Bermanfaat sesama insane

Allah Swt berfirman:
Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui" (QS. Az-Zumar :9)
Kiranya dimaklumi memang tidak sama orang yang berilmu dengan orang yang tidak berilmu, sebagaimana tidak sama pula orang yang melihat dengan orang yang buta.
Begitulah pentingnya ilmu sehingga menjadi penyebab diangkatnya derajat orang-orang yang dikehendaki oleh Allah dari kalangan hamba-Nya. Allah ta’ala berfirman:
yang artinya, “Allah akan mengangkat kedudukan orang-orang yang beriman dan diberikan ilmu di antara kalian beberapa derajat. Allah Maha mengetahui apa yang kalian kerjakan.”

Ibnu Katsir menyebutkan di dalam tafsirnya sebuah riwayat yang menceritakan bahwa Nafi’ bin Abdul Harits pernah bertemu dengan Umar bin Khattab di ‘Isfan (nama sebuah tempat). Ketika itu Umar mengangkatnya sebagai gubernur Mekah. Umar pun berkata kepadanya, “Siapakah orang yang kamu serahi urusan untuk memimpin penduduk lembah itu?”. Dia mengatakan, “Orang yang saya angkat sebagai pemimpin mereka adalah Ibnu Abza; salah seorang bekas budak kami.” Maka Umar mengatakan, “Apakah kamu mengangkat seorang bekas budak untuk memimpin mereka?”. Dia pun menjawab, “Wahai Amirul Mukminin, sesungguhnya dia adalah orang yang pandai memahami Kitabullah, mendalami ilmu waris, dan juga seorang hakim.” Umar radhiyallahu’anhu menimpali ucapannya, “Adapun Nabi kalian, sesungguhnya dia memang pernah bersabda, ‘Sesungguhnya Allah akan mengangkat kedudukan sekelompok orang dengan sebab Kitab ini, dan akan merendahkan sebagian lainnya karena kitab ini pula.’ (HR. Muslim).
(QS. Al Mujadilah : 11).Wallahu a’lam bi ash-shawab (A.Kuspriyanto, dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar