Selasa, 26 April 2011

Tiga Macam Teman


Temanku- Sahabatku (2)
Setiap Orang Pasti Memiliki Teman Hingga...
Posting by : Mas Kus

SEBAGAI bagian dari lingkungan pergaulan, keberadaan seorang teman ikut mewarnai kehidupan sehari-hari. Tidak terelakkan bahwa karena keberadaannya seorang teman sering dapat mempengaruhi terhadap hal-hal yang baik, misalnya menuju ketaqwaan dan keluhuran jiwa. Atau bahkan sebaliknya juga dapat mempengaruhi ke hal-hal yang negatif. Maka, teman ada yang baik dan ada pula yang kurang baik.

Banyak ahli hikmah memberikan petuah berkaitan dengan berteman, lihatlah siapa temanmu. Rasulullah Saw bersabda:”Sesungguhnya perumpamaan teman yang baik (shalihah) dan teman yang jahat adalah seperti pembawa minyak wangi dan peniup api pandai besi. Pembawa minyak wangi mungkin akan mencipratkan minyak wanginya itu atau engkau membeli darinya atau engkau hanya akan mencium aroma harumnya itu. Sedangkan peniup api tukang besi mungkin akan membakar bajumu atau engkau akan mencium bau yang tidak sedap.” (HR. Bukhari)

Maka menurut Bakr bin Abdullah Abu Zaid, teman itu ada bermacam-macam; Ada teman yang bisa memberikan manfaat; ada teman yang bisa memberikan kesenangan; ada teman yang bisa memberikan keutamaan. Adapun dua jenis yang pertama itu rapuh dan mudah terputus karena terputus sebab-sebabnya. Sedangkan yang ketiga, maka itulah yang dimaksud persahabatan sejati. Terjadi interaksi timbal balik yang disebabkan karena kokohnya keutamaan masing-masing keduanya. Dan pertemanan demikian yang sebenarnya didambakan.

Namun demikian mendapatkan teman, atau lebih tepat dikatakan ‘sahabat’ seperti di atas tidaklah mudah. Berteman dalam suasana duka nestapa, yang banyak membutuhkan uluran tangan dan kebesaran jiwa. Lain halnya, apabila mencari teman untuk bersuka ria , tentu akan relatif mudah mendapatkannya.

Barangkali ada benarnya apa kata Bang Rhoma Irama :

Mencari teman memang mudah
pabila untuk teman suka
Mencari teman tidak mudah
pabila untuk teman duka

Banyak teman di meja makan
Teman waktu kita jaya
Tetapi di pintu penjara
Disana teman tiada

Sesungguhnya nilai teman yang saling setia
Lebih dari saudara
Itu hanya mungkin bila di antara kita
Seiman seagama
Seumpama tubuh ada yang terluka sakitlah semua

Namun demikian, setiap orang pasti memiliki teman yang menemaninya selama hidup di dunia ini hingga kematian menjemputnya bahkan sampai di alam akhirat.

Rasulullah Saw bersabda:” Yang akan menjadi teman seluruh anak Adam itu ada tiga: Pertama, teman yang menyertai hanya sampai sekarat; kedua, teman yang menyertai hanya sampai kuburan ; dan yang ketiga, teman yang menyertai sampai alam mahsyar. Adapun teman yang sampai sekarat , yaitu harta; yang sampai kuburan, yaitu saudara atau kerabat; sementara yang ketiga yang menyertai sampai alam akhirat, yaitu amal.” (HR. Muslim)

Demikianlah hidup ini harus memiliki teman dan rasanya sungguh berat hidup tanpa seorang teman. Maka berbahagialah kita memiliki teman-teman yang baik.

Wallahu a’lam bi shawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar