Rabu, 02 Maret 2011

Aku Ingin Berubah


Mutiara Hikmah
Dibutuhkan Kesungguhan Menuju Perubahan

ALLAH SWT berfirman dalam QS. ar- Ra'd : 11

"Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah[1]. Sesungguhnya Allah tidak merobah Keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan[2] yang ada pada diri mereka sendiri. dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, Maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia."
[1] Bagi tiap-tiap manusia ada beberapa Malaikat yang tetap menjaganya secara bergiliran dan ada pula beberapa Malaikat yang mencatat amalan-amalannya. dan yang dikehendaki dalam ayat ini ialah Malaikat yang menjaga secara bergiliran itu, disebut Malaikat Hafazhah.
[2] Tuhan tidak akan merobah Keadaan mereka, selama mereka tidak merobah sebab-sebab kemunduran mereka.

KENIKMATAN dan anugerah dari Allah Swt tidak akan datang tanpa usaha . Maka jika kita ingin menggapai sesuatu , sudah seharusnya agar berusaha sekuat tenaga untuk meraihnya. Sesungguhnya, kesuksesan yang kita raih merupakan anugerah Allah Swt yang didukung oleh ikhtiar kita. Allah Swt tidak akan mengubah keadaan kita, jika kita tidak berusaha mengubahnya sendiri.

Untuk menuju ke perubahan tersebut, yang paling mungkin dilakukan adalah melakukan perubahan dari diri kita sendiri. Seorang Ulama’ pernah mengatakan,”Sesungguhnya,medan perang yang paling utama adalah dirimu sendiri. Apabila kamu dapat menaklukannya,maka kamu mampu menaklukkan berbagai hal. Sebaliknya, jika kamu tidak bisa mengendalikan dirimu, maka kamu tidak akan sanggup menggapai hal-hal lainnya.”

Oleh karena itu, diperlukan kesungguhan untuk mewujudkan sebuah perubahan ke arah yang lebih baik. Kendatipun , hal demikian bukanlah persoalan yang mudah. Sebuah keteladanan Rasulullah Saw, suatu contoh misalnya bagaimana beliau sangat bersunguh-sungguh dalam berdakwah untuk mengajak orang-orang menyembah kepada Allah Swt. “Demi Allah, seandainya mereka meletakkan matahari di tangan kananku dan bulan di tangan kiriku, supaya aku meninggalkan agama ini, niscaya aku tidak akan melakukannya hingga Allah memenangkannya atau menghancurkan semuanya.”
Maka solusi perubahan yang paling sederhana:”Berubahlah selalu lebih baik, dari sekarang, dari diri kita sendiri, dari hal yang paling mudah.”

Wallahu a’lam bi shawab
Posting by :Mas Kus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar