Selasa, 08 Maret 2011

Hikmah Pernikahan


Mutiara Hikmah
Mencari Hikmah Sebuah Pernikahan
Posting by: Mas Kus

Dari Abu Abu Hurairah r.a., Rasulullah s.a.w bersabda:” Tiga orang yang akan selalu diberi pertolonagn oleh Allah adalah seorang mujahid yang selalu memperjuangkan agama Allah Swt., seorang penulis yang selalu memberi penawar, dan seorang yang nikah demi menjaga kehormatan dirinya.” (HR.Thabrani)


SETIAP orang yang menikah , tentulah mendambakan rumah tangga yang menentramkan, penuh cinta dan kasih sayang. Atau yang populer dengan Rumah Tangga yang Sakinah, mawaddah, wa rohmah. Kendatipun harapan demikian, bukanlah perkara sederhana yang mudah untuk diraih, karena diperlukan upaya seumur hidup untuk mewujudkannya.

Barangkali banyak sekali keinginan dan harapan yang didamba, yang ada dibalik sebuah pernikahan. Menurut Abdul Hamid Kisyik dari Karyanya ”Bina ’Al-Usra Al-Muslimah Mausu’ah Al-Zuwaj Al-Islami” ada beberapa hikmah pernikahan yang antara lain:

Pertama, pernikahan adalah ajaran yang sesuai, selaras dan sejalan dengan fitrah manusia. Pada pernikahan ada benteng untuk menjaga diri dari godaan setan, menyalurkan kerinduan yang terpendam,mencegah kebrutalan nafsu, memelihara pandangan, dan menjaga kemaluan. Pernikahan juga merupakan penenang jiwa melalui kebersamaan suami-istri,penyejuk hati dan memotivasi untuk senantiasa beribadah. Karenapada dasarnya, jiwa manusia itu cenderung lari dari kebenaran.

Kedua
, melahirkan anak. Karena maksud dari sebuah pernikahan adalah ikatan syariat yang kuat , menyalurkan hasrat jiwa dan memperbanyak keturunan dengan maksud mendekatkan diri kepada Allah Swt. dan mengharap ridha-Nya.

Ketiga
, memenuhi keinginan hati untuk membina rumah tangga dan saling berbagi rasa dalam aktifitas keluarga sehari-hari.

Keempat
, memantapkan jiwa dengan ajakan kasih sayang dan pelaksanaan hak serta kewajiban terhadap keluarga, menyabarkan diri terhadap tingkah laku istri dan ucapannya, berusaha meluruskan dan membimbingnya kepada agama untuk selalu memperoleh yang halal demi kebaikan diri dan terlaksananya pendidikan putra-putri tercinta.

Wallahu a’lam bi shawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar