Minggu, 20 Maret 2011

Berwisata Ke Gunung Telo Moyo


Mendaki Ke Gunung Telomoyo
Posting by:Mas Kus

Dari Wahana Wisata Air terjun Sekar langit, kami melanjutkan perjalanan menuju ke Wana Wisata Pegunungan Telomoyo. Gunung Telomoyo secara geografis terletak di wilayah Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini berada pada ketinggian sekitar 1.900 m dpl dan merupakan gunung api yang berbentuk kerucut (strato). Gunung yang diapit oleh Gunung Merbabu, Gunung Andong dan Gunung Sumbing ini, memang tercatat belum pernah meletus. Para pendaki atau Wisatawan domestik bisa melakukan pendakian hingga ke puncak gunung dengan menggunakan kendaraan sepeda motor maupun jalan kaki.

Kami kebetulan melakukan perjalanan pendakian dengan menggunakan sepeda motor. Mengawali masuk ke kawasan Gunung Telomoyo, kami telah berada di pos penjagaan Kawasan Perhutani yang tepatnya berada di Dusun Dalangan Kec. Ngablak. Perjalanan dari Sekar Langit menuju ke Dusun Dalangan sekitar 9 km. Setelah mendapatkan kartu pengunjung dengan retribusi Rp.3.000 per orang , dipersilahkan sepuasnya menikmati alam pegunungan.

Perjalanan menuju ke puncak dari pos penjagaan masih cukup jauh sekitar 7 km-an. Kebetulan kami menggunakan sepeda motor, dapat berjalan cepat, namun hati-hati jaga diri terutama kalau kondisi sepi, disamping itu jalannya sebagian besar sudah rusak berlubang. Apalagi saat itu kondisi baru hujan, dan berkabut dengan suhu cukup dingin .Sehingga terpaksa kami mengambil keputusan untuk tidak melanjutkan perjalanan sampai di puncak. Tapi yang jelas, cukup mnyenangkan menikmati keindahan alam pegunungan. Sambil berlibur, rekreasi bersama teman dan keluarga .
"Dan Kami hamparkan bumi itu dan Kami letakkan padanya gunung-gunung yang kokoh dan Kami tumbuhkan padanya segala macam tanaman yang indah dipandang mata. Untuk menjadi pelajaran dan peringatan bagi tiap-tiao hamba yang kembali (mengingat Allah)" (QS. Qaaf : 7-8)

Wallahu a'lam bi shawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar