Jumat, 18 Maret 2011

Kemenangan Beserta Kesabaran


Mutiara Hikmah Berakit-rakit kehulu berenang ketepian
Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian...


‘Abdullah bin ‘Abbas r.a. berkata: Pada suatu hari saya berada di belakang Nabi Muhammad lalu katanya: Hai anak, akan saya ajarkan kepadamu beberapa kalimat:

Pertama,peliharalah (perintah) Allah, maka Allah akan memelihara engkau, dan peliharalah (larangan) Allah, niscaya kamu dapati Allah selalu di hadapanmu.

Kedua, apabila kamu meminta, mintalah kepada Allah dan apabila kamu minta tolong mintalah pertolongan kepada Allah

Ketiga, ketahuilah olehmu, sekiranya ummat manusia sepakat hendak memberi manfaat kepadamu, niscaya takkan sampai sesuatu juapun daripadanya melainkan apa yang telah ditetapkan Allah lebih dahulu

Keempat,demikian juga sekiranya mereka itu sepakat pula hendak membahayakan kamu, tak akan sampai bahaya itu melainkan menurut apa yang telah ditetapkan Allah terlebih dahulu.
Terangkat kalam, dan keringlah kertas (HR. Attirmidzi)

Selain Tirmidzy meriwayatkan : Peliharalah perintah Allah, engkau dapatkan Allah di depanmu. Kenalkan dirimu kepada Allah pada waktu senang, niscaya Allah mengingati pada waktu kamu dalam kesukaran. Ketahuilah bahwa sesuatu yang terlepas daripadamu tidak akan mengenai kamu, dan yang menjadi bahagianmu tidak akan terlepas daripadamu. Ketahuilah bahwa kemenangan itu beserta kesabaran, dan kegembiraan itu sesudah kesusahan, dan tiap ada kesukaran aka ada kelapangan.

Wallahu a’lam bi shawab
(Riadhus Shalihin)/ Posting by: Mas Kus
Foto: Doc Pry/Gbsn, Tmg, March ‘2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar