Selasa, 11 Mei 2010

Mutiara Hikmah (6) : Dari Hasan Basri

Carilah Amal Dalam Tiga Perkara

Hasan Basri, lengkapnya Abi Sa’id Al Hasan bin Yassar Al Basri. Beliau adalah seorang guru dan penasehat serta pembangit jiwa shufi yang ulung. Merupakan ulama’ dari kalangan tabi’in yang termasyhur akan kezuhudannya. Beliau dilahirkan pada tahun 21 H dan wafat pada tahun 110 H.
Diantara kata-kata hikmah beliau yang terkenal antara lain :
Carilah manisnya amal dalam tiga (3) perkara. Kalau kamu telah mendapatkannya, maka bergembiralah dan teruslah mencapai tujuan. Dan jika kamu telah mendapatkannya, maka ketahuilah pintu masih tertutup rapat.

Tiga perkara itu adalah : Pertama, ketika kamu membaca Al Qur’an; Kedua,ketika kamu berdzikir dan ;Ketiga, ketika kamu bersujud.
Hal lain yang dianjurkan beliau : Siksa bagi orang alim ialah matinya hati. Ketika beliau ditanya : “Bagaimana matinya hati itu?” Beliau menjawab,”Mencari dunia dengan amal akhirat.”
Patutlah orang insaf bahwa mati sedang mengancamnya, dan kiamat menagih janjinya dan dia mesti berdiri di hadapan Allah dan akan dihisapnya.
Akhir dunia dan awal akhirat ialah didalam kubur.Engkau aka mati, dan semua akan engkau tinggalkan. Hartamu nanti akan dibagi-bagi kepada ahli warismu yang akan saling cakar-cakaran, termasik kepada istrimu yang masih muda belia, ia akan kawin lagi. Jadi kekayaan itu akan menjadi milik suaminya yang baru.

1 komentar: