Sabtu, 26 Februari 2011

Aku Ingin Nasihatmu (1)


Mutiara Hikmah
Kebaikan Sebuah Nasihat

NASIHAT merupakan salah satu bentuk kebaikan yang sangat mulia. Dengan nasihat dapat mengantarkan seseorang mewujudkan pribadi yang bijaksana dan bersahaja serta umat yang senantiasa dirahmati Allah Swt.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita diharapkan agar bisa menerima nasihat yang disampaikan oleh siapa pun dalam berbagai kondisi. Hal ini dianjurkan, sebab pada dasarnya agama adalah nasihat. Suatu hari, para sahabat bertanya kepada Rasulllah Saw, "Wahai Rasul, engkau menyatakan bahwa agama ialah nasihat. Nasihat bagi siapa?" Rasul saw menjawab, "Nasihat bagi Allah, rasul-Nya, Kitab-Nya, dan Umat Islam." (HR Tirmidzi)

Nasihat bagi Allah dapat dilakukan dengan melaksanakan semua perintah dan menjauhi larangan-Nya, mengagungkan Allah, mematuhi ketetapan-Nya serta membela Agama Allah.
Sedangkan nasihat bagi Rasul-Nya diwujudkan dengan mencintai, menghormati, dan memuliakannya, meskipun mereka telah meninggal.

Sementara itu, nasihat bagi Kitab Allah dilaksanakan dengan mematuhi perintah dan menghindari larangan-Nya yang termaktub dalam Kitab, serta membaca dan mengamalkan isinya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Sedangkan nasihat bagi umat Islam yakni dengan saling menasihati dalam kebaikan dan kebenaran, tidak mendhalimi orang lain, serta membantu satu sama lain. Jika seseorang tidak berkenan dinasihati, maka kita sebaiknya bersabar,dan lapang hati.

Wallahu a'lam bi shawab
Posting by :Mas Kus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar