Sabtu, 12 Februari 2011

Ingat Waktu Teman...


Mutiara Hikmah
Ditanya lima Perkara

Rasulullah Saw. pernah bersabda: "Pada hari kiamat, seorang hamba tidak berlalu di hadapan Tuhannya sebelum ditanya tentang lima perkara. Pertama, 'Umurnya dimanfaatkan untuk melakukan apa?' Kedua, 'Waktunya digunakan untuk kemana saja?' Ketiga, 'Ilmunya digunakan untuk apa saja?' Keempat, 'Hartanya diperoleh dari mana?' Kelima, 'Hartanya dibelanjakan dalam hal apa?'" (Tirmidzi:2416)

AGAMA mengajarkan kepada kita pentingnya waktu ini, karena kita tidak mungkin bisa mengulang lagi apapun pada hari,waktu yang sama. Maka hendaknya waktu yang ada dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sehingga kita tidak menyesal di kemudian hari.Waktu yang digunakan akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah Swt,sebagaimana nafas yang dihembuskan setiap saat. Ibnu al-Qayyim berkata,"Setiap nafas yang dihembuskan dan keringat yang menetes, yang tidak digunakan dalam hal ketaatan kepada Allah niscaya,pada hari kiamat akan mengalami kerugian.

Terkait dengan pemanfaatan waktu, Hasan al Basri mengingatkan:"Wahai anak Adam, ketika matahari terbit, jadikanlah hari itu sebagai hari baru, yang akan menjadi saksi atas segala perbuatanmu. Oleh karena itu, gunakanlah hari tersebut sebaik mungkin, dan kumpulkan bekal untuk kehidupan akhirat sebanyak-banyaknya. Sesungguhnya, jika hari itu telah pergi,ia tidak akan kembali hingga hari kiamat."

Wallahu a'lam bi shawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar