Kamis, 24 Februari 2011

Belajar Untuk Mencintai


Mutiara Hikmah
Mengajarkan Cinta Kepada Anak
Posting by: Mas Kus

Rasulullah Saw bersabda:"Ajarkanlah kepada anak-anakmu tiga masalah; mencintai nabimu, mencintai ahli baitnya, dan membaca Al-Qur'an" (Riwayat Thabrani)

Pendidikan budi pekerti nampaknya sekarang merupakan hal sangat mendesak yang harus mendapatkan perhatian orangtua. Termasuk bagaimana mengajarkan rasa cinta kepada Rasul adalah sebuah tahap terpenting setelah mengetahui mencintai Allah Swt. Membaca kisah Rasul misalnya, merupakan cara yang positip terhadap perkembangan jiwa anak-anak, agar mereka tahu betapa Nabi Muhammad Saw ini mencintai dan menghormati kakek dan pamannya, karena beliau telah ditinggalkan ayahnya sejak dalam kandungan dan ditinggalkan ibunya sejak berumur enam tahun. Dari sini anak-anak dapat membayangkan betapa Rasul akan lebih mencintai orang-tuanya sendiri.

Mencintai Ahli bait (keluarga) Rasulullah Saw, berkaitan erat dengan mencintai Rasulullah sendiri, karena ahli bait beliau adalah krabat yang ada hubungannya nasab dengan beliau, sehingga mencintai ahli bait merupakan manisfestasi mencintai beliau sendiri.

Kemudian, jangan dilupakan membiasakan belajar membaca Al-Qur'an sebagai upaya melatih kefasihan lidah, melatih berbahasa, dan yang terpenting adalah belajar mencintai Kitab Suci sejak kecil agar setelah dewasa tidak merasa asing dengan Kitab Sucinya yang menjadi "pedoman Hidup" manusia sampai akhir zaman.

Wallahu a'lam bi shawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar